7 Penyebab Terjadinya kegemukan Yang Harus Diketahui


Penyebab Kegemukan - Kegemukan merupakan hal sering terdengar di masyarakat, entah itu yang terjadi secara alami, maupun yang terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat.

Apakah anda pernah melakukan diet, namun lemak dalam tubuh masih banyak, padahal sudah melakukan banyak hal untuk meraih tubuh ideal ?

Ada beberapa hal yang penting yang akan saya bahas secara sederhana untuk mengetahui penyebab terjadinya kegemukan itu sendiri, yakni menurunnya metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh menurun

Menurunnnya Metabolisme tubuh dapat membuat kinerja pembakaran lemak dalam tubuh dapat menurun juga. Menurunnya metabolisme tubuh bisa terjadinya oleh beberapa asalan, entah itu karena terjadi secara alami, entah itu terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, sehingga tidak melakukan olahraga atau megnkonsumsi makanan yang tidak seimbang.

Penyebab kegemukan itu sendiri salah satunya pengaruh dari menurunnya metabolisme tubuh. Menurunnya metabolisme disebabkan kebiasaan dan prilaku orang tersebut .

Pada dasarnya setiap akan menurun metabolisme tubuh, seiring dengan usia seseorang tersebut, namun bagaimanapun faktor umur memiliki pengaruh yang pasti menurunnya metabolisme tubuh, namun masih kita bisa di usahakan agar metabolisme tubuh terjaga baik dan sehat.

Salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang menurun, adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang seimbang dan melakukan olahraga.

Menurunnya metabolisme tubuh penyebab kegemukan

1. sedikit melakukan aktifitas
Seseorang yang memiliki sedikit kegitan akan lebih mudah terjadi kegemukan, karena pastinya setiap orang mengkonsumsi makanan. Energy yang di hasilkan dari makanan yang dikonsumsi tentunya harus di bakar melalui aktifitas. Jika energy yang dihasilkan dari asupan makanan yang di konsumsi tanap melakukan aktifitas yang cukup untuk membakarnya, tentunya tidak akan di manfaatkan oleh tubuh dengan baik, sehingga akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh, sebagai cadangan energy.

Semakain sering kita melakukan sedikit kegiatan, namun banyak mengkonsumsi makanan, layaknya seseorang memiliki banyak kegitan, maka kegemukan berpeluang besar terjadinya kegemukan.

2. Kurang asupan protein
Makanan yang dikonsumsi harus memiliki asupan yang seimbang, seperti protein , kalori , karbohidrat dan lain sebagainnya.jika kekurangan asupan protein misalkan, dan memperbanyak asupan lemak atau kalori maka akan membuat tubuh akan lebih mudah melar. 

Protein sendiri, selain berperan yang dapat membuat tubuh menjadi sehat, memiliki peran yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Jika protein tercukupi dalam tubuh, maka sedikit tempat untuk lemak berada dalam tubuh.

3. kurang tidur
Seseorang yang memiliki kualitas tidur yang tidak baik atau tidak beraturan dapat menurunya metabolisme tubuh, selain itu dapat menggangu kesehatan lainnya. 

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan, bahwa jika seseorang yang memiliki sedikit tidur yang kurang, dapat membuat menurunnya metabolisme karbohidrat, sehingga pas bangun di pagi hari masih menyimpan kadar gula dalam tubuhnya.

4. sering mengalami Stress
Disaat mengalami stress , maka tubuh akan memproduksi hormon karsitol yang dapat membuat nafsu makan meningkat. Ketika nafsu makan meningkat maka akan lebih mudah dan cenderung mengkonsumsi makanan apa saja secara tidak beraturan. Jika sering mengalami stress maka lambat laun kegemukan lebih mudah terjadi.

5. Penyebab kegemukan dengan penyakit tertentu

Selain yang saya sampaikan di atas, kegemukan itu sendiri bisa terjadi karena memiliki penyakit tertentu, seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.


  • Hipotiroidisme 

Penyakit jenis ini dapat memicu kegemukan seseorang, dengan menurunnya produksi hormon tiroid dalam tubuh, sehingga akan melambatnya metabolisme tubuh.


  • Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK)
Penyakit jenis ini, biasanya terjadi pada perempuan yang memiliki kista kecil dalam organ reproduksinya. Biasanya perempuan yang mengalami hal demikian, dapat menurunnya kontrol kadar gula dalam tubuh menurun, sehingga mudah terjadinya kegemukan di sekitar perut.

6. Berhenti Merokok
Dengan memiliki kebiasaan merokok dapat membuat seseorang dapat membakar kalori lebih banyak setiap satu menit, karena di saat melakukan merokok dapat membuat kinerja jantung 10 sampai 20 kali meningkat.

Bagi seseorang yang biasa melakukan meroko dan berhenti melakukannya, maka akan membuat kinerja jantung menurun,tidak seperti ketika ia  masih meroko dan akan membuat nafsu makan bertambah. Efek tersebut biasanya akan bertahan beberapa minggu atau bulan saja. Namun demikian efek dari berhenti merokok jauh lebih baik jika berhenti merokok.

7.Duduk terlalu lama
Gaya hidup seperti ini juga memiliki pengaruh terjadinya kegemukan itu sendiri, entah itu bagi seseorang pekerja kandtoran yang mengharuskan kerja seharian duduk di depan layar komputer.
Memiliki kegiatan seperti ini memang memiliki pengaruh terjadinya kegemukan, dan apabila ditambah dengan mengkonsumsui makanan yang tidak beraturan, maka akan cepat pula terjadinya kegemukan.


Cara menghindari terjadinya kegemukan

Jika mungkin selama ini anda memiliki kegiatan seperti yang telah saya sampaikan di atas, anda bisa dengan melakukan perbaikan atau mencegah, agar metabolisme tubuh menjadi seimbang kembali atau di tingkatkan kembali.

Meskipun cukup sulit untuk mendeteksi terjadinya kegemukan, setidaknya bisa kita atur pola hidup sehat yang akan saya bahas di bawah ini .

1. Lakukan olahraga yang rutin
Memiliki kegiatan yang aktif yang melibatkan aktifitas fisik secara langsung dapat membantu menurunkan berat badan atau menjaga badan tetap ideal, karena dengan memiliki kegiatan tersebut dapat membuat metabolisme tubuh menjadi baik, semakin sering dan rutin melakukan kegiatan yang aktif dapat terjaganya berat badan.

2. Pola tidur yang baik
Memiliki pola tidur yang baik, dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Maka sebaiknya setiap hari memiliki jadwal istirahat yang cukup dan teratur, dan di usahakan jangan tidur terlalu malam, apalgi lewat jam 12 malam.

3. Konsultasi ke dokter
Jika mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk membantu peneyembuhan penyakit tertentu dan membuat tubuh anda menjadi gemuk, maka sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter, agar mendapatkan penanganan yang baik.

4.Mengkonsumsi makanan yang seimbang
Ketika anda sudah memiliki badan yang berlebih atau ingin menjaga tubuh ideal anda, maka sebaiknya konsumsi makanan yang baik atau anda bisa mengkonsumsi makanan yang dapat membakar lemak dalam tubuh, seperti buah aple,buah pisang, buah semangka, protein dan lain sebagainnya. 

Terima kasih telah membaca pannduan diet dengan mengetahui penyebab kegemukan dari kami. Untuk mengetahui informasi lainnya bisa dengan melihat halaman lainnya, agar program mendapatkan tubuh ideal anda bisa terjaga dengan baik.




Back To Top