Tips Cara membentuk otot sayap Dengan Mudah

Memiliki otot sayap yang baik merupakan hal banyak para fitnes mania inginkan dan sekaligus otot yang paling sulit untuk di bentuk di bandingkan dengan otot lainnya seperti otot dada dan lengan.
Banyak alasan seseorang tidak bisa memiliki otot sayap yang terbentuk dengan baik, entah itu karena dianggap tidak terlalu penting,tidak tau cara melakukannya, karena tidak terlihat oleh pelaku fitnes tersebut atau alasan lainnya seperti yang telah bahas di atas.
otot di bagian penggung atau sayap memeliki sedikit lemak dan protein di dalamnya , sehingga ketika akan di bentuk akan terasa sulit. Berbeda dengan otot di bagian dada dan lengan, karena memiliki banyak nutrisi yang terdapat di dalamnya, sehingga relatif mudah untuk terbentuk.
Dengan melakukan latihan yang cukup, bukan berarti hasil yang di dapat bisa maksimal, ada beberpa point yang penting yang harus di perhatikan. Jika sudah melakukan latihan yang rutin, namun hasil yang di dapat tidak mendapatkan perubahan yang baik sesuai keinginan, maka dengan membaca sampai selesai tips ini, sebentar lagi akan tahu bagaimana cara melakukannya dengan baik.
Perhatikan gambar di bawah ini, ada beberpa bentuk otot punggung untuk di latih
Makanan memiliki pengaruh untuk membentuk otot sayap
Makanan yang di konsumsi bisa di ibaratkan dengan bahan baku untuk membangun massa otot, namun apakah selama ini “ bahan baku” tersebut sudah tercukupi ? .seprti yang telah saya singgung di atas, otot dada dan lengan lebih mudah dibentuk dibanding dengan otot punggung. Di dalam lengan dan dada terdapat nutrisi, seperti lemak, kalori dan protein didalamnya dan ketika di olah melalui latihan yang dilakukan , maka akan terbentuk dengan cepat.
Di saat melakukan olahraga yang terfokus di sekitar punggung dengan repetisi latihan yang dilakukan, maka nutrisi yang terdapat dalam tubuh akan di salurkan melalui aliran darah menuju otot, semakin sering melakukan latihan di sekitar punggung dan nutrisi untuk membangun massa ototnya tercukupi, maka lambat laut, bentuk otot yang sedang di bangun akan terlihat.

Jangan tanyakan terlebih dahulu “ kenapa otot sayap tidak terbentuk ?” sedangkan nutrisi untuk membangun massa otot tidak tercukupi. Perlu untuk diketahui melakukan latihan dapat membuat sel micro otot rusak, apalagi melakukan olahraga secara rutin.


Ya , memang dengan melakukan latihan dapat merusak sel kecil otot tersebut dan jika terpenuhi nutrisinya, maka bentuk otot yang sedang di bangun akn terbentuk lambat laun sesuai dengan tingkat keseriusan latihan dan makanan yang dikonsumsi.
Untuk menghindari kerusakan sel otot yang rusak dari hasil latihan, bisa dengan mengatasinya dengan cara mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein dan lain sebagainya. Anda bisa dengan mengkonsumsi daging merah, dada ayam, whey protein, putih telur rebus dan makanan lainnya yang mengandung protein. Karena protein memiliki manfaat yang dapat membantu untuk merecovery otot yang rusak dan membangun massa otot.
Melakukan latihan untuk membangun massa otot punggung
Melakukan latihan dalam pembentukan otot sayap, merupakan jenis latihan yang memiliki intensitas yang besar dan membutuhkan tenaga yang besar pula, karena seperti yang telah saya bahas sebelumnya otot sayap relatif cukup sulit di bangun, makanya saya sarankan terlebih dahulu bagi anda yang belum terbiasa dengan beban berat bisa di mulai dengan latihan dalam pembentukan otot lainnya yang akan membantu nantinya dalam pembentukan otot sayap, seperti latihan yang saya bahas sebelumnya, cara membentuk otot dada, cara membentuk otot perut dan latihan lainnya.

1. Chin up
Untuk melakukan latihan ini bisa dengan berbagai macam kelebaran tangan, dengan semakin penyempitnya pergelangan tangan, maka akan banyak otot bagian bicep yang terlatih. Pada dasarnya dengan melakukan chin up akan banyak melatih otot bagian bicep dan dada, namun secara bersamaan bisa membut otot punggung terlatih, namun persentasinya tidak sebesar otot dada dan oto bicep.
Ada beberapa poin dalam latihan ini otot yang akan terbentuk. Anda bisa dengan melihat gambar di bawah ini untuk mengatahuinya .

2. Pull up
Jika tadi membahas tentang manfaat yang di dapat dari latihan chin up, dengan melakukan latihan ini memiliki tingkatan yang lebih serius lagi dalam membangun otot punggung, karena latihan ini lebih banyak menggunakan otot di bagian punggung.
Untuk melakukan latiha ini bisa dilakukan dengan memposisikan tangan selebar bahu, tidak lebih lebar atau lebih sempit. 
Jika melakukan latihan pull dengan melabarkan tangan dari bar pegangan kurang bagus juga untuk kesehatan, selain itu pergerakan repetisi yang dilakukan akan terbatas dan otot sayap mejadi kurang terlatih.
Jika belum memiliki otot yang cukup mampu menopang latihan pull up ini sebaiknya jangan memaksakan, karena bisa membuat cidera, karena beban yang di angkat cukup besar ( berat beban sendiri ).
3. Inverted row
Jika anda masih merasa keberatan untuk melakukan pull up, karena otot lengan dan otot lainnya belum mampu menahan beban terlalu besar bisa dengan latihan Inverted row ini.
Inverted row ini bisa dibilang versi mudah pull up, pergerakannya pun hampir sama, cuman bedanya bebannya tidak seberat latihan pull up dan dengan posisi kaki menyentuh lantai.
4. menggunakan dumbbell
Untuk membentuk otot punggung bisa dengan menggunakan dumbbell. Cukup dengan mengambil posisi duduk dan mengangkat beban dumbbell menyamping ke atas, hingga genggaman dumbbell sejajar dengan bahu.





Tag : Tips Fitnes
Back To Top