Diet Kenyang Rendah karbohidrat ( Low Carb Diet )

Suka makan banyak, namun ingin menurunkan berat badan ? ya, artikel ini di khususkan bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan tanpa harus bersusah payah menahan rasa lapar ketika melakukan diet .

Apakah bisa ?

Ya, tentu saja bisa, asalkan melakukan hal-hal  yang harus dilakukan pada penjelasan di bawah ini dengan benar dan tidak melewatkannya.

Ada beberapa orang yang memang merasa kesulitan untuk menahan rasa lapar, apalagi sampai melakukan diet, dan faktanya dengan melihat berbagai macam karakter orang , contohnya bagi seseorang yang memiliki nafsu makan yang besar mengalami kesulitan untuk mengurangi asupan makanan.

Banyak jenis diet yang ada, dan terkadang membuat seseorang kebingungan untuk memilihnya, meskipun seseorang sudah melakukan diet akan tetapi diet yang dilakukan tersebut tidak cocok dengan karakteristiknya, misalkan diet tertentu kurang tepat jika dilakukan oleh seseorang yang memiliki kegiatan yang banyak, seperti bekerja, sulit menemukan dan memilih makanan yang di perlukan untuk melakukan diet dan terutama bagi seseorang yang memiliki kebiasaan makan yang besar setiap harinya tentunya.

Namun, Diet LCD ( Low Carb Diet ) bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama bagi anda yang memiliki kegiatan yang super sibuk sekalipun tanpa membuat anda lapar dan lemas karena tubuh kekurangan asupan dari makanan yang di konsumsi.

Sebelum saya menjelaskan tentang diet yang satu ini, maka sebelumnya saya akan sampaikan tentang sejarah dan perkembangan diet ini yang sebaiknya tidak boleh anda lewatkan pembahasannya. Tapi anda juga bisa melihat beberapa testimon diet rendah karbohidrat dihalaman sebelumnya .

Banyak jenis diet rendah karbohidrat, akan tetapi pada implementasinya itu berbeda-beda. Dan yang akan saya sampaikan di bawah ini, merupakan jenis diet rendah karbohidrat yang di kutip Dari bukunya Mark Sisson, pendiri jenis diet karbohidrat ini.

Sejarah Diet LCD Di jaman Purba

Pada jaman dahulu, dijaman purba, sebenarnya di massa itu, orang-orang dijaman tersebut sudah melakukan diet LCD ini.bagaimana tidak, makanan yang setiap hari mereka konsumsi merupakan jenis makanan yang mengandung tinggi protein dan sedikit yang mengandung karbohidrat. Dengan mengkonsumsi makanan hasil buruan, buah-buahan dan sayura-sayuran yang di temukan.

Selain pola asupan makanan di jaman purba yang seperti disampaikan Mark Sisson tersebut, bukan hanya pola hidup mereka yang sehat,akan tetapi beberapa penyakit bahaya seperti diabetes, obesitas dan penyakit sejenisnya tidak ditemukan di massa itu. Justru penyakit tersebut muncul pada abad modern, dimana pertanian mulai berkembang. Diamana di massa pertanian berkembang tersebut, menggantikan makanan yang tinggi akan protein dan merubahnya dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat, seperti roti,kentang, nasi dan makanan sejenisnya.

Mark Sisson merupakan mantan atlet yang memiliki ketahanan tubuh yang sanat baik tentunya di massa ia berkarir di massa tersebut. Namun, setelah ia pensium badan yang tadinya memiliki daya than tubuh yang baik menjadi mudah cepat pegal dan nyeri di tubuhnya. Bukan hanya mark Sisson saja yang mengalami tersebut, rekan-rekannya mantan atletpun mengalami hal yang sama. Dengan melakukan diet rendah karbohidrat yang ia lakukan dan kembangkan, badannya menjadi segar bugar kembali dan memiliki daya tahan tubuh yang baik, meskipun berumur sekitar 65 tahun.

Asupan karbohidrat perhari

Sebelum mengetahui lebih jauh dan melakukan diet rendah karbohidrat ini, maka perhatikan terlebih dahulu jumlah karbohidrat yang akan anda konsumsi setiap harinya.

1. 100 gram karbohidrat
Bagia anda yang memiliki program untuk menurunkan berat badan, maka jumlah asupan karbohidrat yang dikonsumsi sekitar 100 gram perharinya

2. 150 gram karbohidrat
Nah, bagi anda yang memiliki program untuk mempertahankan berat badan, bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebanyak 150 gram perharinya

Namun, ada beberpa orang yang masih sulit untuk menrurunkan berat badan,meskipun mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat 100 gram setiap harinya. Maka bisa dengan menguranginya hingga 50 gram karbohidrat perhari. Namun untuk hal ini jangan dilakukan sering-sering dan lakukan untuk sewaktu-waktu saja, karena bagaimanapun tubuh memerlukan asupan karbohidrat.

images : Vemala.com
Seperti pada pola makan pada massa purba, makanan yang sering dikonsumsi merupakan makanan hasil buruan dan sayur , buah-buahan yang ditemukan. Pada gambar di atas, makanan yang sebaiknya anda konsumsi merupakaan sumber makanan paling bawah, artinya makin keatas, maka, sumber makanan tersebut makin sedikit yang harus anda konsumsi.

Selain mengkonsumsi makanan seperti yang di recomendasikan di bawah ini, perlu untuk di perhatikan aktifitas anda, seperti melakukan olahraga yang rutin setiap harinya.


Dengan melihat pada piramida di atas membuat seseorang merasa masih kebingungan untuk memilih makanan apa yang dikosnumsi, maka kita sesuaikan saja jenis makanan yang akan lebih mudah kita temukan di sekitar kita.

  • Daging bakar yang di campur dengan sayur-sayuran
  • Gado-gado yang di perbanyak sayurannya dan tanpa nasi, kupat atau lontong
  • Konsumsi telur ayam 2 atau 3 buah , bisa di goreng, direbus dan dicampur dengan sayur-sayuran, misalkan dengan buncis, tomat dan sejenisnya
  • Ikan bakar yang di canpur dengan sayur-syuran. Anda bisa memilih ikan apa saja, namun ikan yang bagus sebaiknya pilih jenis ikan yang dari laut
  • Daging ayam goreng atau daging ayan bakar dan di tambah sayur-mayur pada menu tersebut


Nah, berikut adalah jenis makanan yang bisa anda lakukan ketika melakukan diet rendah karbohidrat tersebut. Anda bisa melakukannya dengan jumlah biasa anda ketika tidak melakukan diet ini, dan sebaiknya tidak mengkosnumsi dalam jumlah yang banyak dan juga kurang. Tapi yang terpenting jumlah karbohidratnya tidak boleh melebihi jumlah yang sudah di tentukan.



Back To Top