Inilah Penyebab Otot Sulit Berkembang

Olahraga merupakan salah satu hal yang baik dilakukan untuk tubuh, entah itu untuk menjaga kesehatan atau untuk membangun massa otot. Banyak orang melakukan upaya dalam program pembentukan otot dengan melakukan olahraga tertentu, seperti melakukan olahraga angkat beban. Selain itu , melakukan angkat beban dapat membantu dalam menjadi tubuh ideal, karena dapat membakar lemak tubuh.

Dari berbagai macam upaya yang dilakukan, bukan sedikit orang yang justru membuat bentuk otot tubuhnya malah gagal terbentuk, dan munngkin anda pernah mengalaminya ?

Kesalahan yang dilakukan tentunya bervareatif, namun hal yang akan saya sampaikan di bawah ini  merupakan kesalahan umum yang sering banyak orang lakukan, entah itu karena ketidaktahuan seseorang, yang disengaja dan lainnya.

1. Tidak Meningkatkan Latihan

Dalam melakukan olahraga memerlukan peningkatan dalam pembentukan otot, karena otot tubuh akan merespon dari beban yang di berikan dalam latihan. Misalkan anda di bulan pertama mampu menganggkat beban hingga 20 kilo dalam 9 kali gerakan repetisi maksimal, dan di bulan selanjutnya jangan lakukan latihan yang sama, dan lakukan pengingkatan dalam memberikan beban ke tubuh lebih besar kembali, misalkan menambahkan 25 kilo dengan jumlah repetisi yang sama.

2. Kurang Beristirahat

Istirahat merupakan hal yang penting untuk mencapai pembentukan otot. Karena, memiliki Istirahat yang berkualitas, dapat membantu dalam pembentukan massa otot ketika beristirahat. Dukungan dari latihan yang dilakukan dan juga asupan Gizi yang baik, maka bentuk otot akan tumbuh di waktu istirahat, karena disaat istirahat memiliki pernanan besar dalam pembentukan massa otot.

3. Melakukan Olahraga Secara Berlebih

Terkadang , seseorang karena inginnya cepat mencapai target yang di inginkan dalam membentuk massa otot, melakukan banyak olahraga hingga tubuh mencapai batas kemampuannya, dengan melakukan olahraga secara berlebih, terutama bagi seorang pemula.

Melakukan olahraga secra belebihan, bukan hanya membuat otot semakin mengecil,akan  tetapi dapat membuat kesehatan tubuh juga akan ikut terganggu.

4. Kurang Protein

Protein menjadi hal yang wajib untuk dikonsumsi dan terpenuhi, selama memiliki program pembentukan massa otot, entah itu bagi seseroang yang memiliki badan yang kurus, maupun bagi seseorang yang memiliki badan yang gemuk.

Saking pentingnya protein dalam mensuplai kebutuhan otot untuk tumbuh, banyang produk susu protein yang ada, entah itu susu protein isolate, protein casein dan jenis susu protein lainnya. 

Protein , bisa di bilang merupakan bahan baku dalam membentuk massa otot, ketika bahan baku tersebut terpenuhi dalam tubuh, maka proses “pembangunan “ massa otot dari latihan angkat beban dapat terbentuk dengan semestinya.

Selain memiliki perananan penting dalam membangun massa otot, protein juga dapat mencegah terjadinya penyusutan otot, merecovery otot tubuh, hingga mempertahankan massa otot.

5. Teknik Fitnes Yang Kurang tepat

Teknik yang tepat dapat membantu pembentukan massa otot menjadi baik. Banyak jenis-jenis kesalahan yang banyak orang lakukan. Misalkan salah posisi berdiri, hingga salah memiliki jumlah beban dengan repetisi tertentu. Misalkan, anda memiliki program dalam pembentukan massa otot, maka lakukan latihan angkat beban 8 sampai 10 repetisi beban yang maksimal, dan jika anda memiliki program untuk menambah daya tahan tubuh, maka lakukan latihan angkat beban 15 sampai 20 gerakan repetisi beban maksimal.

6. Salah memilih Suplemen

Suplemen fitness, bukanlah hal yang baru dari kalangan fitness mania. Karena asupan tambahan makanan ini, memang di butuhkan oleh para fitness mania untuk mensuplai kebutuhan Gizi untuk otot tubuh mereka. Ada banyak jenis suplemen fitness yang ada, misalkan susu gainer atau suplemen creatine untuk seseorang yang memiliki badan yang kurus dan ingin merupbanhnya menjadi gemuk,atau suplemen bagi seseorang yang memiliki badan yang gemuk dan merubahnya menjadi langsing dan berotot.



Tag : Tips Fitnes
Back To Top