Makanan Untuk Sebelum Dan Setelah Olahraga Fitness

Makanan merupakan asupan yang penting dan memiliki pengaruh yang besar untuk membantu olahraga yang dilkukan dapat berjalan dengan baik dan menyehatkan tubuh. Mungkin, sebagian dari kita pernah melakukan olahraga, badan mudah lemas dan olahraga yang dilakukan justru tidak bisa berjalan dengan baik , dan meskipun melakukan olahraga, latihan yang dilakukan pun tidak berjalan dengan maksimal.

Untuk melakukan olahraga, maka tubuh membutuhkan energy yang besar di bandingkan ketika tubuh tidak memerlukan olahraga. Makanan merupakan yang penting untuk dikansumsi untuk memberikan energy yang besar ketika melakukannya. Namun, terkadang banyak orang yang kebingungan dalam memilih makanan seperti apa yang perlu untuk di kosnumsi.

Selain dapat membentu dalam memberikan energy energy, makanan yang akan di pilih untuk dikonsumsipun di haruskan membantu dalam merrecovery tubuh, sehingga pasca olahraga yang dilakukan, dapat membuat tubuh menjadi tambah sehat dan bugar. Ketika tubuh melakukan olahraga,sebenarnya dapat merusak sel micro otot itu sendiri, akan tetapi semu itu dapat diatasi dengan asupanan makanan, seperti protein.

Berbagai makanana yang Penting Untuk Dikonsumsi, Sebelum Dan Setelah Olahraga Fitness

1. karbohidrat

Karbohidrat dapat memberikan energy ke tubuh ketika kita melakukan, akan tetapi untuk memberikan energy ke tubuh dengan cepat, maka sebaiknya pilih jenis makanan yang dapat memberikan energy dengan cepat, seperti kandungan karbohhidrat sederhan, bukan kompleks. Dan sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan sebelum olahraga, 2 sampai3 buah pisang saja sudah cukup dapat memberikan energy ke tubuh.

Meskipun kandungan karbohidrat sederhana menjadi priroritas, maka jangan lupakan asupan karbohidrat kompleks, sehingga dapat memberikan energy ke tubuh secara bertahap . seperti makanan Oatmeal dan makanan sejenisnya.

2. Protein

Protein memiliki pernanan dalam membantu latihan olahraga yang dilakukan, selain itu protein juga dapat membantu dapat pembentukan otot, Di saat melakukan olahraga sebenarnya dapat merusak sel otot itu sendiri, maka peranan protein dapat membantu meregenerasi otot yang rusak, sehingga mencegah penyusutan , menambah massa otot hingga mempertahankan massa otot.

Banyak orang dalam melakukan olahraga, demi mendapatkan berat badan ideal, protein memiliki manfaat yang dapat membakar lemak dalam tubuh. Jadi, ketika melakukan olahraga dan mengkosnumsi kandungan protein, dapat membuat tubuh terlihat kencang.

Protein ada beberapa jenis, yakni protein casein dan isolate. Casein dapat mensuplai pembentukan massa otot secara bertahap, makanya jenis suplemen casein cocok untuk program pembentukan massa otot di waktu istirahat. 

Protein isolate merupakan jenis protein yang dapat di serap oleh tubuh,Nah jenis protein ini sering banyak para fitness mania pilih untuk di kosnumsi, karena dapat membantu pembentukan massa otot dengan cepat.

3. Kopi
Seperti yang banyak orang ketahui, Kopi memiliki kandungan kafein. Cafein itu sendiri dapat membantu dalam memompa jantung menjadi lebih kencang, yang dapat membantu proses pembakaran lemak dan merubahnya menjadi energy. Maka cocok untuk dikosnumsi sebelum olahraga pagi, karena mengingat di pagi hari suhu tubuh masih rendah.

4. Suplementasi
Suplemen Fitness memiliki banyak jenisnya. Salah satunya untuk membantu memberikan energy yang besar ketika berolahraga, seperti suplemen pre-workout. 

Jika anda memilih suplemen, maka anda bisa memilih jenis suplemen yang sudah memiliki ijin , seperti terdaftar di BPOM, halal untuk di kosnumsi dan aman untuk dikonsumsi. Karena banyak jenis suplemen yang illegal yang ada di Indonesia itu sendiri yang sebaiknya anda hindari untuk memilihnya. 



Tag : Tips Fitnes
Back To Top